Oleh Oleh Khas Jakarta di Bandara
Oleh Oleh Khas Jakarta di Bandara
11 January 2024
5 Museum Bersejarah Di Jakarta Wajib Dikunjungi
12 January 2024

Sejarah Singkat Monumen Nasional di Jakarta

Sejarah Singkat Monumen Nasional di Jakarta

Sejarah Singkat Monumen Nasional di Jakarta – Monumen nasional atau biasa disebut monas ini merupakan monumen peringatan yang memiliki tinggi 132 meter yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat indonesia demi merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial hindia belanda.

Pembangunan monumen nasional ini menurut dari wikipedia didirikan pada tanggal 17 agustus 1961 dibawah perintah presiden soekarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 juli 1975, dan tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi dengan lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala.

Sejarah Singkat Monumen Nasional di Jakarta

Sejarah Singkat Monumen Nasional di Jakarta

Setelah pusat pemerintahan dari republik indonesia kembali ke jakarta setelah sebelumnya berkedudukan di yogyakarta pada tahun 1950, menyusul pengakuan kedaulatan republik indonesia ini oleh pemerintah belanda pada tahun 1949, presiden soekarno mulai merencanakan pembangunan sebuah monumen nasional yang setara dengan menara eifel di lapangan tepat di depan istana merdeka.

Kemudian, 17 bulan agustus tahun 1954 sebuah komite nasional ini dibentuk dan sayembara perancangan Monumen Nasional digelar pada tahun 1955 tentunya disini terdapat 51 karya yang masuk namun hanya sebagian karya yang memenuhi kriteria yang ditentukan oleh komite, antara lain menggambarkan karakter bangsa indonesia dan dapat bertahan selama berabad-abad. Selanjutnya dilakukan lomba pembuatan rancangan pada tahun 1960 tetapi sekali lagi tak satupun dari 136 peserta yang menunjukan rancangannya pada sukarno, akan tetapi beliau kurang menyukai rancangn itu dan menginginkan monumen tersebut berbentuk lingga dan yoni.

Pada pembangunan monumen nasional ini artsitek soedarsono diperintah presiden kita untuk melanjutkan rancangan tersebut, emasukan angka 17,8 dan 45 melambangkan 17 agustus 1945 memulai proklamasi kemerdekaan indonesia ke dalam rancangan monumen itu, tugu ini kemudian dibangun di area seluas 80 hektare, tugu ini diarsiteki oleh Frederich Silaban dan Soedarsono mulai dibangun 17 agustus 1961.

Kuliner Jajanan Yang Ada di Monumen Nasional

Selain sejarah Monas tentunya kalian bisa mendapatkan beberapa kuliner yang ada di daerah monumen nasional yang menjadi ciri khas dari ibu kota jakarta, yaitu jajanan betawi terbaik, simak terus ulasannya ada dibawah ini.

Sejarah Singkat Monumen Nasional di Jakarta

  1. Telor Gabus Keju : Kue ini merupakan kue yang rasanya keju, tentunya gurih dan juga merupakan jajanan favorit di daerah jakarta yang kalian bisa dapatkan di daerah monumen nasional
  2. Biji Ketapang : Kue ini rasanya manis berbentuk kecil seperti biji ketapang, tentunya kalian bisa mendapatkannya dengan mudah di monumen nasional dengan harga yang bersahabat.
  3. Bir Pletok : Kuliner ini merupakan minuman yang menyehatkan, namanya memang bir namun bukan berupa alkohol, bir ini hanyalah sebutannya saja, minuman ini terbuat dari jahe yang menghangatkan
  4. Dodol Khas Jakarta : Kue ini sangatlah enak, manis dan legit tentunya kalian bisa mendapatkannya dengan harga yang bersahabat
  5. Kembang Goyang : Kue ini sangatlah renyah, rasanya gurih dan kalian bisa mendapatkannya dengan mudah di monumen nasional.

Nah, kalian tentunya jika berkunjung ke daerah jakarta tepatnya di Monumen Nasional kalian perlu mencoba beberapa kuliner terfavorit tersebut, tentunya kalian bisa mendapatkannya dengan mudah disana dengan harga yang bersahabat.

Kalian masih bingung ingin mendapatkannya? Kalian tidak perlu bingung, kalian bisa mendapatkannya dengan mudah di Mpok Nini yang merupakan produsen penyedia kue khas jajanan betawi terbaik yang rasanya enak dan harganya terjangkau.