4 Tempat Wisata Air di Jakarta Terfavorit
4 Tempat Wisata Air di Jakarta Terfavorit
3 May 2023
5 Taman Terbaru di Jakarta Sangat Sejuk Dan Indah
5 Taman Terbaru Di Jakarta Sangat Sejuk Dan Indah
4 May 2023

Resep Akar Kelapa Betawi – Kue akar kelapa adalah sejenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan kelapa parut yang telah digoreng. Kue ini memiliki tekstur yang kenyal dan manis, serta biasanya dihidangkan dengan taburan gula halus di atasnya. Kue akar kelapa seringkali dijadikan sebagai cemilan atau oleh-oleh khas daerah tertentu di Indonesia.

Akar kelapa ialah kue kering tradisional khas betawi yang dimana punya julukan juga akar serabut, kue akar pinang, kue kecipir dimana kue ini merupakan jenis kue yang langka keberadaannya yang hanya bisa ditemukan di kota jakarta.

Kue ini umumnya disajikan bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat saat acara spesial seperti acara idul fitri dan hajatan, saat ini kota jakarta merupakan produsen terbesar kue akar kelapa yang kini dikreasikan dengan beragam bahan, dengan berkembangnya zaman kue ini tidak lagi di produksi secara masal.

No Harga Oleh Oleh Jakarta
1 Paket oleh oleh khas Jakarta          170,000
2 Hampers oleh oleh Jakarta          225,000
3 Paket oleh oleh khas Jakarta          175,000
4 Parcel makanan khas Betawi          300,000
5 Dodol Betawi            25,000
6 Dodol Betawi Special Package            75,000
7 Kembang Goyang            25,000
8 Akar Kelapa            20,000
9 Biji Ketapang            20,000
10 Kue rengginang            20,000
11 Kue satu            25,000
12 Sagon kelapa            24,000
13 Paper bag mpok Nini            10,000
14 Telor gabus keju            25,000

Sejarah Kue Akar Kelapa

Menurut beberapa sumber, asal usul kue akar kelapa berasal dari Pulau Jawa. Kue ini konon muncul pada zaman kolonial Belanda, sekitar abad ke-18. Pada saat itu, para petani di Jawa memanfaatkan kelapa sebagai bahan makanan. Mereka mengolah kelapa menjadi beberapa jenis makanan, termasuk kue akar kelapa yang kemudian menjadi populer.

Selain itu, terdapat juga beberapa sumber yang menyatakan bahwa kue akar kelapa berasal dari Sumatera Selatan. Di daerah tersebut, kue ini dikenal dengan nama “lumpang kelapa”. Namun, karena kemiripan bentuk dan bahan dengan kue akar kelapa, maka kue ini seringkali dianggap sebagai varian kue akar kelapa.

Meskipun asal usul kue akar kelapa masih diperdebatkan, namun tidak dapat dipungkiri bahwa kue ini sudah ada sejak lama dan menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang cukup terkenal. Hingga saat ini, kue akar kelapa masih diproduksi secara tradisional dan dijual di berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sejarahnya, kue akar kelapa juga memiliki peran yang penting dalam budaya dan adat istiadat Indonesia. Kue ini seringkali dijadikan sebagai hidangan untuk acara-acara tertentu seperti pernikahan, acara adat, dan juga sebagai oleh-oleh khas daerah. Selain itu, kue akar kelapa juga menjadi simbol dari kearifan lokal masyarakat Indonesia yang melestarikan tradisi dan budayanya hingga saat ini.

Resep Akar Kelapa Betawi Gurih dan Renyah

Cara membuat kue akar kelapa yang memiliki kerenyahan dan gurih menurut kami merupakan hal yang tidak terlalu sulit,  hanya saja saat proses penggorengan perlu sabar, saat menggoreng juga harus memakai api yang cenderung kecil agar kue kelapa renyah, garing dan tidak keras ketika dimakan, simak terus resep Akar Kelapa Betawinya dibawah ini.

Resep Akar Kelapa Betawi

Bahan Bahan Akar Kelapa :

  1. Tepung ketan 500 gram
  2. Gula pasir 125 gram
  3. Santan 150 mili liter
  4. Telur 2 butir
  5. Margarin 100 gram
  6. Garam setengah sendotk teh
  7. Vanili 1 sendok teh

Jika kalian sudah mendapatkan beberapa bahan-bahan tersebut kita akan berlanjut ke cara membuat kue akar kelapa yang renyah dan gurih, simak terus ulasannya dibawah ini.

Cara Membuat Akar Kelapa Gurih

Setelah mendapatkan bahan-bahan yang telah disebutkan diatas, kita berlanjut ke beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk membuat kue akar kelapa yang renyah dan gurih, berikut adalah cara pembuatannya.

Resep Akar Kelapa Betawi

  • Pertama, pecahkan telur kedalam gelas kemudian kocok telur, tambahkan gula pasir dan vanili
  • Dalam wadah besar masukan tepung ketan dan buat lebang ditengahnya lalu masukan kocokan telur dan gula yang sudah merata, kemudian aduk secara merata.
  • Selanjutnya tambahkan margarin dan santan sedikit sedikit, adoni adonan sampai meresap.
  • Berikutnya masukan adonan dalam cetakan kue akar kelapa, biskuit maker atau bisa juga menggunakan piping bag yang sudah dipotong ujungnya dan diberi cetakan bintang
  • Kemudian semprotkan adonan diatas minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya, goreng dengan menggunakan api yang kecil sampai kue akar kelapa matang kecokelatan, dan lakukan sampai semua adonan habis kemudian angkat dan tiriskan
  • Biarkan kue tersebut dingin, masukan ke dalam toples saji.
  • Akar kelapa sudah jadi dan siap untuk dimakan.

Nah, itu adalah cara pembuatan kue akar kelapa yang renyah dan gurih, namun jika diarasa adonan susah untuk dicetak karena terlalu keras, maka adonan bisa diberi tambahan sedikit santan sampai adonan mudah untuk dicetak.

Kita ketahui bersama sejarahnya kue akar kelapa ini diambil dari bentuknya yang mirip dengan akar kelapa sungguhan, rasanya yang manis dan gurih merupakan daya tarik tambahan dari kue ini, bagi daerah betawi dan sekitarnya kue ini ialah salah satu makanan favorit ketika lebaran.

Kalian kesulitan dalam pembuatan Resep Akar Kelapa Betawi..? Tentunya kami menyediakan kue akar kelapa yang gurih dan renyah hanya ada di Mpok Nini yang merupakan penyedia kue akar kelapa dan beragam kue khas betawi lainnya dengan harga yang bersahabat dan rasanya yang enak, tentunya kalian bisa melakukan pemesanan hanya dengan Click Whatsapp kemudian lakukan pemesanan dengan costumer service kami.