fbpx
Dari Sunda kelapa Menjadi Jayakarta Hingga Kini Menjadi JAKARTA
22 Juni 2019

Siapa yang tidak suka jalan jalan? Apalagi jika jalan jalan di kota besar seperti Jakarta, tentu menjadi hal yang menyenangkan. Selain bisa melihat kota metropolitan yang mewah dengan berbagai macam sarana dan pra sarana, kamu juga bisa menikmati sisi lain Jakarta ala tempo dulu. Jalan jalan di jakarta kurang lengkap rasanya bila tidak membawa pulang oleh oleh khas jakarta.

Untuk yang ingin menikmati Jakarta tempo dulu, kamu bisa datang ke wisata tempat bersejarah ke Kota Tua atau museum-museum yang tersebar di berbagai wilayah di jakarta.

Jika kamu berkunjung ke Jakarta untuk tujuan jalan-jalan dan berwisata, kamu juga bisa menemui tempat wisata modern di kota sebesar jakarta. Wisata modern seperti Ancol, Monas, Dufan dan masih banyak lagi wisata modern lainnya.

Jika kamu berwisata sudah pasti buah tangannya adalah sovenir maupun makanan dan minuman. Di ibukota Jakarta tentu banyak tempat yang menjual oleh-oleh khas Jakarta yang bisa kamu beli untuk dijadikan buah tangan atau kenang-kenangan untuk dibawa pulang.

Dari sekian makanan oleh oleh khas jakarta yang bisa kamu bawa pulang ketika sedang bertamasya di Jakarta. Simak pembahasannya dibawah.

Oleh Oleh Khas Jakarta

1. Oleh Oleh khas Jakarta Dodol Betawi

oleh oleh khas jakarta

Siapa yang tidak akrab dengan makanan oleh oleh khas jakarta yang satu ini? Ya, dodol sudah menjadi salah satu makanan khas Betawi yang jadi ciri khas tersendiri dan juga sangat terkenal di antero tanah air.

Memang, ada banyak daerah yang menjadikan dodol sebagai oleh oleh khas,bentuknya pun hampir sama, salah satu contohnya adalah dodol Garut. Namun, tentu, dodol Betawi memiliki keistimewaan tersendiri yangmu wajib membeli makanan dengan cita rasa yang manis ini untuk oleh-oleh khas Jakarta untuk keluarga di rumah ketika sudah pulang nanti.

Pada zaman dahulu, dodol Betawi hanya dihidangkan pada saat acara tertentu saja, seperti acara adat, hajatan atau ketika suasana lebaran. Dodol memang menjadi perekat bagi masyarakat Betawi karena biasanya dibuat dengan cara bergotong royong dan patungan ramai ramai untuk pembelian bahannya.

Namun, saat ini dodol Betawi sudah bisa dinikmati kapan saja oleh siapa saja karena oleh-oleh khas jakarta ini menjadi komoditas oleh-oleh yang unik dan menarik yang membuatnya jadi tertunjang pangsa pariwisata khususnya di wilayah Jakarta.

Hal yang menjadi daya tarik tersendiri dari dodol Betawi ini adalah rasanya yang legit dan sangat nikmat. Selain itu, dodol betawi ini juga tergolong tahan lama dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

Oleh karena daya tahannya yang cukup lama , tidak jarang wisatawan membeli dodol sebagai oleh-oleh dan membawanya pulang ke rumah masing-masing karena bisa disimpan dalam waktu lama. Berbeda dengan makanan seperti misalnya kerak telor.

Ada banyak warung dodol yang menyajikan olahan makanan ini sebagai komoditas utama. Dulu, dodol hanya memiliki satu rasa saja, yakni rasa asli gula yang manis.

Tapi seiring berkembangnya zaman, sekarang kamu bisa menemukan rasa dodol lainnya yang lebih komplit dan penuh cita rasa. Adapun beberapa rasa lain yang kini tersedia adalah rasa ketan hitam, ketan putih dan juga rasa durian.

Nah, adanya beberapa variasi rasa tersebut tentu akan membuat kamu jadi leluasa untuk memilih mana pilihan rasa dodol Betawi favorit yang kamu inginkan. Selain itu, harga dari dodol Betawi ini juga tergolong cukup terjangkau di dompet. Saat ini sudah tersedia banyak variasi produk dodol dengan berat yang berbeda beda.

2.Oleh Oleh  Telur Gabus Keju Khas Jakarta

oleh oleh khas jakarta

Makanan yang satu ini menjadi salah satu kesukaan bagi mayoritas masyarakat di Betawi. Ya, telur gabus keju merupakan oleh-oleh khas jakarta yang kerap dijadikan teman bersantai sembari nyemil. Camilan istimewa ini memiliki rasa yang manis ,renyah, dan juga gurih.

Tak heran, banyak warga yang suka dengannya dan seolah tidak bisa berhenti untuk terus memakan camilan ini ,apalagi jika ditemani dengan secangkir teh hangat.

Nama lain dari camilan ini adalah telur belanak, yang juga merupakan nama lain dari ikan gabus. Namun, tentu saja jangan sampai kamu mengira bahwa panganan satu ini dibuat dari telur ikan belanak atau ikan gabus.

Makanan telur gabus keju ini adalah semacam kue kering yang dibuat dengan bahan dasar tepung kanji, telur, air, gula dan dibentuk memanjang menyerupai telur dari ikan gabus. Panganan ini bisa dibilang sangat sederhana pembuatannya dan untuk memasaknya pun hanya perlu digoreng saja.

Di beberapa daerah lain, telur gabus keju sering juga disebut dengan bedaran atau bidaran. Makanan ini berukuran kecil, tetapi bagian tengahnya agak kembung dan runcing di kedua ujungnya.

Untuk bahan baku pembuatannya, telur gabus keju dibuat dari tepung sagu, garam, telur, juga mentega. Dulunya, telur gabus dibuat tanpa rasa namun sekarang sudah berinovasi dengan berbagai olahan rasa. Salah satu di antaranya adalah telur gabus keju dengan isian keju di dalamnya. Oleh-oleh khas Jakarta yang satu ini masih banyak peminatnya hingga sekarang.

Nah, di Jakarta, makanan ini ada di etalase toko oleh-oleh khas Jakarta pada umumnya dan sudah menjadi primadona bagi wisatawan yang berwisata ke daerah ibu kota negara tercinta.

Mereka membeli telur gabus keju untuk dijadikan cenderamata bagi keluarga di rumah. Dulu, makanan ini hanya memiliki rasa original dan manis saja sebagai variasi. Namun, sekarang kamu sudah bisa menemukan telur gabus dengan rasa keju yang begitu menggoda.

Aroma keju yang mantap membuat panganan sederhana ini tampak lebih spesial dan nikmat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membeli dengan kemasan yang berbeda-beda. Kemudian untuk harga bagaimana? Tidak usah risau, telur gabus keju adalah salah satu oleh-oleh yang memiliki harga terjangkau. Dengan hanya bermodalkan mulai dari puluhan ribu saja kamu sudah bisa mendapatkan panganan ini dengan jumlah yang cukup banyak.

3. Bir Pletok Dari Jakarta

oleh oleh khas jakarta

Salah satu minuman dari Jakarta yang sudah dikenal sampai ke pelosok Indonesia bahkan mancanegara adalah bir pletok.

Tidak seperti dari kelihatan namanya, kebanyakan orang menganggap bahwa minuman yang satu ini mengandung alkohol karena namanya mengandung istilah bir. Namun, seiring dengan bahan alami yang digunakan, minuman ini tidak mengandung alkohol dan justru menjadi salah satu minuman kesehatan yang paling baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Bir pletok sebenarnya merupakan minuman penyegar tubuh yang dibuat dari campuran beberapa jenis rempah, seperti daun pandan wangi, jahe, dan juga serai.

Nah, agar warna dari minuman ini terlihat lebih menarik, masyarakat Betawi menggunakan secang kedalam ramuan tersebut sehingga akan didapatkan warna minuman yang berwarna merah bila diseduh bersamaan dengan air panas.

Pada umumnya, bir pletok disajikan dalam bentuk rempah dengan kemasan plastik. Kamu bisa membeli minuman ini dengan cukup leluasa di kedai Mpok Nini.

Seiring berkembangnya zaman, kini sudah ada bir pletok berbentuk bubuk. Ini adalah salah satu variasi produk yang sangat menarik dan merupakan kemajuan dalam industri minuman herbal yang satu ini.

Dengan bentuknya yang bubuk, bir pletok akan menjadi lebih mudah untuk disajikan. Kamu hanya tinggal menuang bubuk minuman ini kemudian menyeduhnya dengan air panas lalu langsung menikmatinya.

Selain itu, harga dari oleh-oleh ini cukup terjangkau. Di pasaran Jakarta, harga bir pletok bubuk hanya dibandrol sekitar 12,000 saja untuk 1 pack yang terdiri dari 2 sachet bubuk bir pletok. Nah, selain murah, oleh-oleh khas Jakarta ini juga bisa bertahan untuk jangka waktu hingga tiga bulan lamanya. Sangat lama, bukan?

Nah, jika kamu sedang berwisata ke Jakarta, tidak ada salahnya jika kamu membeli bir pletok sebagai salah satu oleh-oleh khas jakarta untuk dijadikan buah tangan.

3. Kue Akar Kelapa Khas Jakarta

oleh oleh khas jakarta

Pernahkah kamu mendengar kue akar kelapa? Perlu kamu tahu jika kue akar kelapa adalah salah satu oleh-oleh dari jakarta yang cukup terkenal . Kue Betawi yang satu ini  sudah ada sejak dulu kala dan sampai sekarang masih bisa ditemukan meskipun sudah sedikit jarang dan susah. Biasanya, dalam adat Betawi, kue ini akan dihidangkan dengan rengginang atau juga kacang goreng untuk menjadi sajian spesial pada saat mengadakan acara adat atau acara spesial lainnya, seperti resepsi maupun pesta.

Nama kue ini memang terkesan unik. Namun, tahukah kamu bagaimana awal mula nama kue ini berasal? Nah, nama kue akar kelapa berasal dari bentuknya yang mirip dengan akar kelapa. Kue ini memang dibuat dengan bentuk yang unik sebagai daya tarik tersendiri. Namun, untuk bahannya, kue dibuat dengan menggunakan tepung yang dicampur dengan gula dan santan serta telur.

Nah, jika kamu sedang berada di Jakarta untuk berwisata maupun menikmati liburan, kamu bisa menjadikan kue akar kelapa sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah. Namun, sebagaimana yang sudah disebutkan di atas jika kue ini tidak lagi diproduksi secara massal.

Untuk itulah,gerai oleh oleh jakarta “Mpok Nini” ada untuk menyediakan berbagai oleh oleh dari jakarta,termasuk kue akar kelapa ini. Untuk harganya, kue akar kelapa ini dijual dengan harga yang masih terjangkau.

4. Kerak Telor Oleh Oleh Khas Jakarta

Pergi ke Jakarta kurang lengkap rasa bila tidak mencicipi kerak telor. Makanan khas jakarta ini memang merupakan salah satu panganan yang unik dan sangat digemari oleh masyarakat Jakarta maupun luar jaakrta.

Makanan ini sebenarnya merupakan makanan tradisional dari Betawi yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. sampai sekarang , meskipun sudah sebanyak dulu, penjual kerak telur masih bisa kita temukan di Jakarta, terutama jika ada event-event budaya yang diadakan oleh pemerintah.

Nah, kerak telor ini dibuat dari bahan dasar ketan putih, telur bebek, ebi, bawang merah goreng dan beberapa bumbu lainnya termasuk serundeng. Secara umum, panganan ini memiliki cita rasa gurih yang berasal dari kelapa setengah tua yang sudah disangrai dan ditambahkan ke dalam adonan.

Selain rasanya yang nikmat, cara memasak menjadi keunikan lain dari kerak telor ini. Ya, pada saat dimasak, penjual akan membalik wajan hingga menghadap ke tungku untuk memastikan adonan matang dan menjadi kerak.

Jika kamu lagi berada di Jakarta dan ingin menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh, maka kamu bisa berkunjung ke beberapa titik di jakarta ataupun datang ke event event kebudayaan betawi seperti misalnya Pekan Raya Jakarta (bila acara sedang berlangsung). Harga dari oleh-oleh unik khas Jakarta ini berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp.25.000 saja. Cukup murah, bukan?

5. Kue Kembang Goyang

Beberapa dari kamu mungkin terheran heran mengapa makanan satu ini dinamakan kembang goyang. Ternyata, cara membuatnya memang dengan cara digoyangkan saat sedang digoreng di dalam minyak panas. Bentuk bunga dicetak menggunakan cetakan berbentuk kembang. Dari segi bahan baku, kue kembang goyang dibuat dari santan, gula, tepung beras,dan garam sehingga tercipta perpaduan rasa manis dan gurih.

Seiring berkembangnya zaman, kini kue kembang goyang pun hadir dalam berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, dan lainnya. Jika kamu tertarik dengan kue berbentuk unik ini bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Jakarta di Warung Mpok Nini, Jalan Belanak 2, Jakarta Timur.

6. Roti Buaya Khas Jakarta

Sesuai namanya, roti buaya memang memiliki bentuk menyerupai binatang buaya dengan ukuran kue yang cukup besar. Biasanya, bila sedang berlangsung acara lamaran dalam tradisi Betawi pihak calon pengantin pria akan membawa hantaran roti buaya sebagai salah satu syarat yang wajib dipenuhi. Di balik tradisi tersebut, ternyata roti buaya memiliki makna kesetiaan dan kemapanan bagi kedua pasangan dalam mengarungi rumah tangga.

Tenang saja, kamu tak harus mengadakan lamaran ala Betawi dulu untuk bisa mencicipi roti buaya. Kamu sekarang bisa membeli roti buaya untuk dijadikan oleh-oleh khas Jakarta yang ukurannya juga telah disesuaikan, sehingga kamu tak perlu kerepotan saat membawanya pulang. Soal rasa, roti buaya ini memiliki varian rasa seperti polos, keju, cokelat,hingga stroberi

7. Biji Ketapang Khas Jakarta

Biji ketapang merupakan kue berbahan dasar tepung dipadu dengan parutan kelapa, telur, dan lainnya. Kue ini hampir ada setiap momen lebaran di Jakarta. Kue biji ketapang ini juga menjadi kue favorit bagi warga yang akan pulang ke kampung halaman pada saat mudik lebaran.  Dinamakan biji ketapang karena bentuknya mirip dengan biji buah ketapang.

Sudah pernah lihat pohon ketapang? Pohon rindang yang berdaun lebar dan tinggi ini banyak ditemui  di tepi jalan-jalan besar tanah Betawi Jakarta zaman dulu. Pohon ini memiliki buah yang kulitnya keras serta ujungnya runcing dan isinya putih seperti almond.

Kue legendaris dari dapur betawi Jakarta ini bentuknya kecil pipih mirip Biji ketapang. Rasanya renyah dan manis dengan suara kriuk-kriuk saat sedang dikunyah. Percayalah sekali makan dijamin tidak mau berhenti sampai habis!

Beragam pembahasan oleh oleh khas jakarta diatas bisa kamu dapatkan di toko oleh oleh khas jakarta Mpok Nini yang juga tersedia online. Tunggu apalagi? Segera pesan oleh oleh khas jakarta di gerai Mpok Nini.

oleh oleh khas kerja

Di gerai Mpok Nini menyediakan berbagai oleh oleh khas jakarta dalam satu tempat sehingga kamu tidak perlu report repot untuk datang ke berbagai lokasi toko oleh oleh karena kamu bisa mendapatkannya dalam 1x datang saja.

Ternyata, ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Jakarta. Beberapa buah tangan di atas sudah ada dan populer sejak zaman dahulu, lho! Penasaran ingin membelinya secara langsung, bukan? Yuk, jelajahi Jakarta dan temukan oleh-oleh khasnya!

Bingung Cari Oleh-Oleh Khas Jakarta? Hub. WA : 0818-0880-1001  | www.OlehOlehJakarta.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0