fbpx
Pasar Senen 1935
[Jakarta Tempo Dulu] Pasar Senen 1935
11 Mei 2019

7 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Mudik merupakan tradisi pulang ke kampung halaman yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang lebaran setelah hampir satu tahun bekerja merantau ke kota orang. Biasanya para pemudik akan membawa beberapa barang sebagai cendera mata untuk keluarga dan sanak saudara.

Kamu yang mudik dari Kota Jakarta, jangan bingung, karena 7 oleh-oleh khas Jakarta ini bisa kamu bawa ke kampung halaman untuk dibagikan dengan orang-orang tersayang. Simak ya!

1. AKAR KELAPA KHAS JAKARTA

Akar Kelapa merupakan kue legendaris dari dapur betawi Jakarta, memiliki rasa yang gurih dan crispy serta bentuk yang unik mirip dengan bentuk akar pohon kelapa. Ada juga sebagian masyarakat Jakarta menyebutnya kue procot karena ketika saat di goreng, adonan di procot-kan atau di keluarkan secara perlahan menggunakan tabung yang sudah di lubangin di bagian ujung.

 

 

 

 

2. BIJI KETAPANG KHAS JAKARTA 

Pernah lihat pohon ketapang? Pohon rindang berdaun lebar dan tinggi ini banyak terdapat di tepi jalan-jalan besar tanah Betawi Jakarta tempo dulu. Pohon ini mempunyai buah yang kulitnya keras dengan ujung yang runcing isinya putih berwarna putih seperti almond. Kue legendaris dari dapur betawi Jakarta ini bentuknya kecil pipih mirip Biji ketapang. Rasanya gurih, renyah dan manis dengan suara kriuk-kriuk saat dikunyah. Percayalah sekali makan dijamin tidak mau berhenti!

 

 

3. KEMBANG GOYANG KHAS JAKARTA

Kembang Goyang merupakan kue legendaris dari dapur Betawi Jakarta yang layak hadir ditengah kegembiraan bersama keluarga dan teman-teman. Dengan rasa yang renyah dan bentuk yang cantik seperti kembang / bunga sehingga membuat siapapun yang merasakan pasti menyukainya. Pembuatannya yang harus di goyang-goyang saat di goreng yang membuatnya di sebut Kembang Goyang.

 

 

 

4. DODOL BETAWI KHAS JAKARTA

Dodol Betawi merupakan kue legendaris dari dapur betawi Jakarta yang proses pembuatannya terbilang sangat rumit. Untuk rasanya tak perlu diragukan lagi, manis dan legit, ditambah dengan kekenyalannya yang membuat lidah kita ketagihan. Masyarakat Betawi Jakarta biasanya disajikan sebagai kue khusus untuk pesta, bulan Ramadhan, Idul Fitri atau Idul Adha dan Sangat cocok untuk Oleh-oleh keluarga anda.

 

 

 

 

5. TELOR GABUS KEJU

Telor gabus keju merupakan kue legendaris dari dapur betawi Jakarta yang sangat disukai banyak orang dengan rasa yang sudah di inovasikan dengan bentuk kembung panjang dengan rasanya nan gurih dan asin keju yang lezat saat digigit.

 

 

 

 

 

 

6. BIR PLETOK BETAWI KHAS JAKARTA

Bir Pletok botol adalah minuman khas Betawi Jakarta yang dibuat dari campuran rempah-rempah yang berkhasiat mencegah masuk Angin, asam urat, pegal-pegal dan menghangatkan badan. Walaupun mengandung kata bir, bir pletok tidak mengandung alkohol.

Dahulu kala, ketika masa penjajahan Belanda, orang betawi tidak mau kalah dengan penjajah yang suka meminum Beer. Karena itu, orang Betawi menciptakan minum sendiri yang fungsinya hampir sama, sama-sama minum, sama-sama keringetan, tapi orang Belanda pada mabuk, sedangkan kita sehat. Namanya pun beda. Kalau orang Belanda beer, sedangkan kita Bir.

Asal kata dari Bahasa Arab bi’run atau abyar yang berarti sumber mata air. Orang Betawi membuat minuman ini di bumbung (selongsong bambu) yang diisi es dan bumbung yang terkocok-kocok tersebut mengeluarkan bunyi pletak “pletok” dan dari situlah diangkat menjadi “Bir Pletok”.

 

7. BIR PLETOK BUBUK KHAS JAKARTA 

Bir Pletok Bubuk adalah minuman khas Betawi Jakarta yang dibuat dari campuran rempah-rempah yang berkhasiat mencegah masuk Angin, asam urat, pegal-pegal dan menghangatkan badan. Bir Pletok Bubuk ini merupakan produk inovasi dari MPOK NINI yang cocok untuk oleh-oleh pengganti bir pletok cair yang menggunakan kemasan botol beling dan untuk anda yang diluar kota dan ingin menikmati Bir Pletok, Ini Solusinya! 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0